Pengelompokan Jenis Dalam Kimia

Pengelompokan Jenis Dalam Kimia - Kimia umumnya dibagi menjadi dua cabang yang luas: kimia organik dan kimia anorganik. Jenis lain dari kimia termasuk kimia fisik, biokimia, dan kimia analitik, dengan masing-masing bidang bercabang menjadi subbidang yang spesifik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang cabang yang paling umum kimia.

Pengelompokan Jenis Dalam Kimia

Kimia Organik
Kimia organik harus dilakukan dengan studi senyawa yang mengandung karbon (dan kadang-kadang hidrogen). Meskipun karbon hanya elemen paling umum keempat belas di planet ini, menghasilkan jumlah terbesar dari senyawa yang berbeda di Bumi. Tidak mengherankan kemudian, banyak studi kimia melibatkan kimia organik.
Kelompok yang paling banyak dipelajari senyawa organik adalah mereka yang mengandung nitrogen. Senyawa organik penting karena mereka sering dikaitkan dengan kelompok amino. Ketika gugus amino menggabungkan dengan gugus karboksil, asam amino dilahirkan. Asam amino penting karena mereka adalah sebagai blok bangunan protein.

Anorganik Kimia
Kimia anorganik melibatkan studi sifat dan reaksi senyawa yang tidak mengandung karbon dan yang tidak organik. Kimia anorganik mempelajari semua materi non-hidup, seperti mineral yang ditemukan di kerak bumi. Ada banyak cabang kimia anorganik, termasuk geokimia, ilmu nuklir, kimia koordinasi, dan bioanorganik. Ada banyak tumpang tindih antara kimia organik dan anorganik. Misalnya, kimia organologam mempelajari penggunaan senyawa yang mampu menciptakan suatu ikatan kovalen antara karbon dan logam.

Kimia Fisik
Seperti namanya, kimia fisik ada hubungannya dengan sifat fisik bahan. Sifat fisik yang dipelajari meliputi perilaku listrik dan magnetik bahan, serta interaksi mereka dengan medan elektromagnetik.
Ada beberapa subkategori kimia fisik. Ini termasuk termokimia, elektrokimia, dan kinetika kimia. Termokimia mempelajari perubahan entropi dan energi yang secara alamiah terjadi selama reaksi kimia. Elektrokimia berkaitan dengan studi interconversions listrik dan energi kimia materi, serta efek listrik terhadap perubahan kimia. Kimia kinetika melibatkan studi tentang reaksi kimia. Secara khusus, kimia kinetika mempelajari keseimbangan mencapai antara produk dan reaktan mereka.

Biokimia
Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang bersangkutan dengan komposisi dan perubahan materi hidup. Ahli biokimia umumnya berfokus pada sifat fisik dan struktur molekul biologis. Molekul biologis yang umum termasuk karbohidrat, protein, lipid, dan asam nukleat. Biokimia kadang-kadang disebut sebagai kimia fisiologis dan kimia biologi. Biofisika, biologi molekular, dan biologi sel adalah penelitian bidang terkait erat dengan biokimia.

Kimia Analitik