Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Klasifikasi Kadar Gula Darah Pada Manusia

Klasifikasi Kadar Gula Darah Pada Manusia - Apakah yang dimaksud dengan gula darah? Dalam ilmu kedokteran , gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa  di dalam darah . Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Diabetes mellitus  adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.

Klasifikasi Kadar Gula Darah Pada Manusia

Klasifikasi Kadar Gula Darah Pada Manusia

Bagaimana klasifikasi kadar gula?

1.    Gula darah anda kurang dari 40 mg/dl:Kadar gula darah anda amat rendah dan amat berbahaya. Kekurangan ini sudah bisa disebut hipoglikemia (kekurangan kadar gula dalam darah). Hipoglikemia paling sering terjadi pada orang yang sedang dalam pengobatan diabetes atau prediabetes.

2.    Gula darah anda di antara 40 dan 59 mg/dl:Kadar gula darah rendah. Kekurangan ini juga disebut hipoglikemia (kekurangan kadar gula dalam darah). Hipoglikemia paling sering terjadi pada orang yang sedang dalam pengobatan diabetes atau prediabetes.

3.    Gula darah anda di antara 60 dan 125 mg/dl:Selamat!!! Kadar gula darah anda dalam rentang normal. Namun, apabila kadar gula darah anda tepat 125 mg/dl, anda harus sedikit berhati-hati karena anda sedikit lagi memasuki rentang “normal tinggi” (lebih berisiko terkena diabetes)

4.    Gula darah anda di antara 126 dan 145 mg/dl:Memang, kadar ini dalam batas “normal tinggi”, tetapi anda perlu waspada karena rentang ini dapat mengindikasikan bahwa nada terkena diabetes. Semuanya tergantung dari kapan anda diperiksa, apakah anda diperiksa ketika puasa atau sehabis makan.

5.    Gula darah anda di antara 146 dan 199 mg/dl:Kadar gula anda termasuk dalam rentang “tinggi”, khususnya apabila anda diperiksa ketika anda sedang berpuasa (kadar gula puasa) yang berarti anda tidak makan dan minum (selain air putih) selama 8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Kemungkinan besar anda menderita diabetes, walaupun anda tidak menyadarinya.

6.    Gula darah anda di atas 200 mg/dl:Kadar gula darah anda amat tinggi. Anda pasti sudah menyadari bahwa ada kelainan pada diri anda karena terdapat banyak gejala-gejala yang terjadi (penyembuhan luka yang lama, misalnya).

Bagaimana cara memelihara gula darah?Untuk memelihara kadar gula darah yang normal dalam tubuh, sebaiknya kita mulai menjaga kadar gula di makanan yang dikonsumsi dengan membatasi konsumsi makanan yang manis-manis dan asupan karbohidrat. Karena itu, penderita diabetes harus waspada ketika mengonsumsi makanan yang mengandung karboidrat dan gula.Bagi bukan penderita diabetes, untuk menjaga kadar gula darah normal adalah dengan menyeimbangkan kalori yang masuk (makan) dengan kalori yang keluar (kegiatan).

Jika kita banyak melakukan kegiatan, kalori yang hilang dari dalam tubuh dapat diganti dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tepat, sehingga terdapat perputaran energi yang seimbang dalam tubuh. Jumlah seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar yang seimbang tidak akan menyebabkan penumpukan gula dalam darah.

Apa efek bila kadar gula darah rendah?Bila level gula darah menurun terlalu rendah, berkembanglah kondisi yang bisa fatal yang disebut hipoglikemia. Gejala-gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran.

Apa efek bila kadar gula darah tinggi?Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Tapi biasanya semakin tinggi kadar gula darah, maka seseorang akan semakin sering merasa haus dan ingin buang air kecil. Jika tidak ditangani dengan baik, kadar gula darah yang tinggi ini bisa merusak jaringan fungsi sel beta yang berfungsi mengeluarkan insulin dan menyebabkan pembuluh darah mengalami stres sehingga lama kelamaan bisa memicu terjadinya pengerasan di pembuluh darah.Kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko pengembangan diabetes tipe 2, penyakit  jantung dan stroke.

Referensi

1.      Gula darah (http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_darah) 

2.      Tes Gula Darah (http://wong168.wordpress.com/2011/05/21/tes-gula-darah/) 

3.      Memelihara Kadar Gula Darah yang Normal  (http://www.hd.co.id/info-medis/memelihara-kadar-gula-darah-yang-normal 

4.   Minum Air Putih Bisa Cegah Kadar Gula DarahTinggi (http://www.detikhealth.com/read/2011/07/04/140324/1673971/766/minum-air-putih-bisa-cegah-kadar-gula-darah-tinggi?88110475)

Sumber : www.deherba.com - Klasifikasi Kadar Gula Darah Pada Manusia


1. ronald gultom

pada : 18 March 2013

"mau nanya pak/bu....kalau kadar gula 238 puasa, apakah sudah tergolong penyakit gula????"


2. nicko

pada : 21 May 2013

"klu gula 212 ud termsk penyakit gula blm"


3. wahyu hidayat

pada : 31 July 2013

"saya terkena kadar gula 210 tapi efek nya gatal gatal apa bisa di sembuhkan pak"


4. risna sri ernawati

pada : 20 September 2013

"maaf mau tanya...saya diperiksa gula dalam kondisi puasa hasilnya 139...termasuk normalkah....trims
"


5. ida ahmad

pada : 26 September 2013

"Gula darah puasa 118 sedangkan 2 jam sesudah makan 121 apakah masih normal?"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :