Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Kanker Kolon, Perawatan dan Diagnosa

Kanker Kolon, Perawatan dan Diagnosa - Usus besar adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan lambung dan usus kecil ke anus. Kanker usus besar adalah pertumbuhan yang terjadi pada lapisan usus besar ini. Ini adalah masalah yang sangat umum di seluruh dunia, dengan lebih dari 1 juta kasus baru dari penyakit ini didiagnosis setiap tahunnya. Diperkirakan bahwa kedua faktor lingkungan seperti diet dan merokok, serta faktor genetik memainkan peran penting dalam perkembangannya. Diagnosis kanker usus besar sering melibatkan kolonoskopi, pemeriksaan usus besar menggunakan alat yang disebut kolonoskop yang memungkinkan evaluasi lapisan dalam usus besar serta mengambil biopsi atau pengambilan sampel jaringan kanker. Setelah diagnosis kanker usus besar dibuat, sejauh mana penyakit ini sering ditentukan dengan menggunakan pemeriksaan radiologis disebut CT scan. Hal ini memungkinkan penilaian awal dari luasnya penyebaran kanker. Seringkali tes darah rutin, termasuk hitung darah lengkap (CBC), tes fungsi hati, dan penanda tumor disebut CEA diperoleh selama evaluasi awal.

Kanker Kolon, Perawatan dan Diagnosa

Kanker Kolon, Perawatan dan Diagnosa
Ada 4 tahap kanker usus besar. Hal ini didefinisikan sebagai Tahap 1, jika jaringan kanker terbatas pada lapisan usus besar atau polip. Dalam Tahap 2 kanker usus besar, jaringan kanker telah menyerang lapisan dinding kolon, namun belum menyebar ke luar dinding. Dalam Tahap 3 kanker usus besar, jaringan kanker telah menembus seluruh ketebalan dinding usus dan menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Dalam Tahap 4 penyakit, kanker telah menyebar ke organ lain seperti hati. Pementasan kanker usus besar adalah penting karena prognosis individu yang terkena sangat tergantung pada stadium kanker. Misalnya, pasien yang didiagnosis dengan Tahap 1 kanker usus besar memiliki keseluruhan 5-tahun tingkat kelangsungan hidup 93%. Di sisi lain, mereka yang didiagnosis dengan stadium 4 kanker hanya dapat mengharapkan tingkat kelangsungan hidup 7% pada 5 tahun. Untuk kanker yang belum menyebar, operasi adalah pengobatan pilihan. Bahkan, pembedahan mungkin satu-satunya pengobatan yang diperlukan untuk pasien dengan Tahap 1 atau 2 penyakit. Namun, beberapa dengan Tahap 2 penyakit dapat memilih untuk menerima kemoterapi. Setelah operasi, Tahap 3 kanker memerlukan kemoterapi, biasanya selama sekitar 6 bulan. Kemoterapi yang paling umum digunakan disebut FOLFOX rejimen yang terdiri dari 5-FU, leucovorin, dan oxaliplatin. Beberapa juga dapat memilih untuk menerima pengobatan tambahan dengan kelas baru thearpy seperti Erbitux atau Avastin. Pengobatan untuk penyakit Tahap 4 harus individual sebagai obat lengkap tidak mungkin, meskipun banyak seringkali juga menerima operasi dan kemoterapi.

Setelah perawatan ini, hati-hati tindak lanjut dianjurkan bahkan ketika kanker diyakini berada di remisi lengkap. Dengan demikian, evaluasi berkala termasuk pemeriksaan darah rutin, termasuk CEA, CT scan dan kolonoskopi disarankan. Pengobatan terbaik dari kanker usus besar, tentu saja, pencegahan. Pilihan perawatan yang paling efektif dan terbukti adalah melakukan kolonoskopi, dimulai pada usia 50. Semua orang dewasa usia ini sangat disarankan untuk menjalani prosedur ini menyelamatkan jiwa. Kanker Kolon, Perawatan dan Diagnosa - By Paul M Choi

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :