Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Faktor Resiko Kanker Kulit dan Pencegahannya

Kanker kulit merupakan kanker yang paling sering didiagnosis baik untuk perempuan dan laki-laki. Jumlah kasus yang dikonfirmasi telah terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Mengetahui faktor risiko Anda, bagaimana mengidentifikasi tahap awal penyakit ini dan bagaimana melindungi diri dari kanker kulit sangat penting untuk deteksi dini dan pengobatan yang efektif.

Faktor Resiko Kanker Kulit dan Pencegahannya

Faktor Resiko Kanker Kulit dan Pencegahannya
Ada dua jenis kanker kulit: melanoma dan kanker keratinosit. Melanoma kurang umum namun lebih serius daripada jenis lain kanker kulit. Adalah penting bahwa Anda mencari dan menerima perawatan untuk semua jenis kanker ini untuk mencegah penyebaran ke jaringan sekitarnya.

Faktor risiko utama kanker kulit adalah paparan ultraviolet (UV) sinar dari sinar matahari atau tanning bed. Sinar UV dapat menembus kulit bahkan ketika itu di luar mendung, dingin atau kabur. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membatasi paparan sinar matahari Anda. Banyak dokter merekomendasikan setiap hari menggunakan tabir surya. Anda harus mencari keteduhan ketika menghabiskan waktu di luar rumah dan mencoba untuk menghindari kegiatan di luar ketika sinar matahari yang kuat, biasanya 10:00-04:00. Topi, kacamata hitam dan pakaian pelindung melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Jauhi tempat tidur tanning indoor karena mereka telah dikaitkan dengan melanoma dan kanker sel skuamosa kulit.

Individu dengan kulit adil bahwa bintik-bintik dan luka bakar dengan mudah berada pada risiko yang lebih tinggi untuk jenis kanker daripada orang-orang dengan kulit lebih gelap. Hal ini karena pigmen melanin di kulit atau Anda memberikan perlindungan dari radiasi UV. Jika Anda memiliki cahaya berwarna mata dan rambut pirang atau merah, Anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi juga. Menurut Mayo Clinic, beberapa faktor risiko lain meliputi:

* Pribadi atau keluarga yang memiliki sejarah kanker kulit

* Paparan sinar matahari yang berlebihan

* Sejarah sunburns

* Moles

* Sistim imun yang melemah

* Meningkatnya usia

Tidak peduli apa faktor risiko Anda, penting bahwa Anda memeriksa kulit Anda setiap bulan. Banyak kanker kulit sangat dapat diobati dengan diagnosis dini. Carilah setiap perubahan tahi lalat atau daerah yang tidak biasa pada kulit Anda. Jadwal janji dengan dokter kulit untuk pemeriksaan kulit menyeluruh setiap tahun. Ini check-up adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kulit Anda tetap sehat.

Jika Anda atau dokter kulit menemukan tempat pada kulit Anda yang menyebabkan kekhawatiran, dia mungkin mengambil biopsi dari daerah. Jika laboratorium menemukan sel-sel kanker atau pra-kanker, tes lagi mungkin diperlukan untuk menentukan stadium, jenis dan sejauh mana kanker. Setelah kanker bertahap, dokter akan menentukan pilihan pengobatan yang paling efektif. Sebagian besar kanker kulit sangat dapat diobati jika ditemukan lebih awal. Menindaklanjuti ujian dan tes akan diperlukan untuk memastikan bahwa kanker tidak terulang kembali.

Meskipun tidak ada cara untuk menghindari paparan sinar UV sepenuhnya, mengambil beberapa tindakan pencegahan dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan keseluruhan dari kulit Anda. Waspada tentang pemeriksaan kulit Anda dan hubungi dokter Anda dengan keprihatinan apapun. Dengan sedikit pencegahan dan pemeriksaan rutin, Anda mungkin dapat menurunkan resiko Anda untuk mengembangkan segala bentuk kanker kulit. By Laura Mims

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :