Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Visualisasi Jantung

Artikel ini menjelaskan tentang gagasan alat mengenai pemodelan fisiologi. Pemodelan fisiologi yang ingin saya angkat adalah tentang cara kerja jantung, dimana pada aplikasi hasil rekaman electrocardiography, dapat diketahui sinyal kelistrikan jantung yang menggambarkan tentang bagaimana jantung tersebut bekerja. Dari sinyal-sinyal ini tentu dapat diketahui adanya berbagai kelainan jantung, diantaranya adalah pembengkakan pada otot jantung atau kardiomiopati. Pada kasus kardiomiopati ini, pembengkakan otot jantung dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain dilatasi ventrikel, katup jantung yang tidak sempurna, hipertropi maupun restriksi ventrikel. Kelainan ini jika dibiarkan dapat menyebabkan kerja jantung yang tidak maksimal hingga kematian. Dalam software yang dapat menginterpretasikan adanya kelainan jantung ini kemudian dapat mengetahui dimana dan menunjukkan visualisasi posisi adanya penebalan otot jantung. Sehingga cukup dengan pemeriksaan elektrocardiograph saja dapat diketahui bagaimana keadaan anatomi jantung.

1. Shindu Ramandita

pada : 30 October 2012

"kalau boleh tahu visualisai jantungnya seperti bagaimana ya? apakah ada gambaran visualnya untuk bisa dikira-kira?"


2. Amadea

pada : 31 October 2012

"Hai Shindu ;) kalo keinginan saya sih buat animasi jantung berdetak yang detaknya itu diambil dari hasil rekaman ekg :) jadi seakan2 bisa 'melihat' bagaimana jantung kita berdetak sesuai keadaan sebenarnya :D hhi
Terimakasiih :))"


3. widia

pada : 08 November 2012

"visualisasinya itu bisa langsung menunjukkan kelainan pada jantung secara langsung atau masih butuh pemeriksaan lebih lanjut??tolong dijelaskan..
Terima kasih"


4. amadea

pada : 08 November 2012

"Hai widia :) untuk visualisasi ini sebaiknya didampingi dokter serta dilakukan diagnosa pembanding untuk penyakitnya, karena tetap saja kita tidak dapat 100% percaya begitu saja :)
Terimakasiih :))"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">