Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Humanoid - ASIMO

Dalam mata kuliah pemodelan fisiologi dijelaskan tentang pemodelan atau simulasi dari struktur maupun fungsi dari fisiologi manusia dalam bekerja, dimana dalam aplikasinya seperti tangan dan kaki robot, maupun robot yang menyerupai manusia secara keseluruhan atau dapat disebut humanoid. Humanoid adalah sebuah istilah yang dibentuk dari bahasa Latin Humanus yang berarti manusia dan bahasa Yunani -oeides yang berarti kesamaan ekspresi (Wikipedia) Sehingga robot humanoid sendiri merupakan robot yang berbasis atas struktur umum manusia, yaitu memiliki dua kaki untuk berjalan (bipedal) dan memiliki torso atas, atau robot yang memiliki dua lengan, dua kaki dan kepala. Robot humanoid tidak serta merta sangat menyerupai manusia, seperti android (male humanoid) dan gynoid (female humanoid) namun hanya dengan memiliki fungsi fisiologis manusia, seperti contohnya pada ASIMO.

ASIMO

ASIMO

ASIMO (アシモ) merupakan humanoid robot buatan Honda Motor Co., Ltd., dimana nama ASIMO ini sendiri merupakan akronim dari Advanced Step in Innovative Mobility.

ASIMO Specs

Dimensi dan spesifikasi ASIMO

Saat ini, ASIMO merupakan robot humanoid paling pintar yang ada, karena dapat melakukan hampir semua pekerjaan dasar manusia, serta memiliki pergerakan yang mirip manusia. ASIMO bergerak secara bipedalisme, dimana robot ini dapat melakukan pergerakan seperti:
1. Berdiri. Tegak dengan dua kaki. Pada kebanyakan biped ini adalah suatu proses aktif, yang membutuhkan penyesuaian keseimbangan yang konstan.
2. Berjalan. Satu kaki di depan yang lainnya, paling tidak satu kaki berada di tanah pada satu waktu.
3. Berlari. Satu kaki di depan yang lainnya, dengan jangka waktu dimana kedua kaki berada di atas tanah.
4. Meloncat. Bergerak dengan sebuah rangkaian loncatan dengan kedua kaki bergerak bersamaan.

Selain itu ASIMO dapat melakukan koordinasi tubuh untuk menaiki tangga serta menjaga keseimbangannya saat bergerak pada kemiringan. ASIMO juga dapat melakukan hal-hal seperti menyalakan lampu, membuka pintu, membawa obyek dan mendorong keranjang. Hal ini memungkinkan karena struktur tangan ASIMO yang menyerupai tangan manusia, dengan ibu jari yang dapat bergerak bebas, sehingga tidak seperti tangan robot pada umumnya, pergerakan tangan ASIMO lebih memudahkan untuk memegang serta berinteraksi dengan benda.

DOF ASIMO

Derajat kebebasan (DOF) ASIMO

Selain karena DOF yang cukup besar, ASIMO juga dilengkapi dengan Ultrasonic sensor, Ground sensor dan Visual sensor untuk mendeteksi lingkungan sekitarnya. ASIMO dapat mengenali benda bergerak dari informasi visual kamera yang terpasang di kepalanya, serta dapat mendeteksi gerakan beberapa objek serta menilai jarak dan arah. ASIMO juga dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan, serta mengenali postur dan gerakan. Sehingga ASIMO dapat mengikuti gerakan orang, mengikuti atau menyapa seseorang ketika dia mendekat. ASIMO dapat bereaksi dan diarahkan tidak hanya dengan perintah suara, tetapi juga dengan berbagai gerakan alami manusia. Hal ini memungkinkan untuk, misalnya, mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau kapan seseorang melambaikan tangan dan ASIMO menanggapi dengan tepat. Ia juga dapat mengenali pergerakan arah seperti menunjuk.

Sumber:

http://asimo.honda(dot)com/

http://fenomena-goonline.blogspot(dot)com/2012/03/asimo-2011-inovasi-dari-kekuatan-mimpi.html

http://id.wikipedia(dot)org/wiki/Bipedalisme

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :