Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Ujian Akhir Semester Komputasi Biomedis 3

Atas nama Sang Pencipta Jagat Raya, saya mengerjakan artikel ini dengan jujur.

Artikel ini merupakan jawaban dari soal ujian akhir semester mata kuliah komputasi biomedis, yaitu prediksi voice recognition dalam kesehatan

Voice recognition dibagi menjadi dua jenis, yaitu speech recognition dan speaker recognition. Speech recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan. Parameter yang dibandingkan ialah tingkat penekanan suara yang kemudian akan dicocokkan dengan template database yang tersedia. Sedangkan sistem pengenalan suara berdasarkan orang yang berbicara dinamakan speaker recognition.

Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon, untuk merangkai kata kata. Kata - kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen. Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York World's Fair.

Hardware yang digunakan :

  1. SoundCard, merupakan alat yang ditambahkan dalam suatu Komputer yang fungsinya sebagai input dan output suara untuk mengubah sinyal elektrik, menjadi analog maupun menjadi digital.
  2. Microphone, Alat untuk mengubah suara yang melewati udara, air dari benda orang menjadi sinyal elektrik.
  3. Processor/Komputer, Dalam proses suara digital menterjemahkan gelombang suara menjadi suatu simbol biasanya menjadi suatu nomor biner yang dapat diproses lagi. Saat pengunaan menggunakan mikrofon, soundcard berkualitas baik, sehingga akan mengurangi noise yang disebabkan karena terganggu sinyal monitor, pci slots.
  4. Software pendukung Voice Recognition

Biometrik, termasuk di dalamnya speech recognition, secara umum digunakan untuk identifikasi dan verifikasi. Identifikasi ialah mengenali identitas seseorang, dilakukan perbandingan kecocokan antara data biometric seseorang dalam database berisi record karakter seseorang. Sedangkan verifikasi adalah menentukan apakah seseorang sesuai dengan apa yang dikatakan terhadap dirinya.

Berbeda dengan speaker recognition yang merupakan pengenalan identitas yang diklaim oleh seseorang dari suaranya (siri khusus dapat berupa intonasi suara, tingkat kedalaman suara, dan sebagainya), speech recognition adalah proses yang dilakukan komputer untuk mengenali kata yang diucapkan oleh seseorang tanpa mempedulikan identitas orang terkait. Implementasi speech recognition misalnya perintah suara untuk menjalankan aplikasi komputer.

Spektrum suara kontinu diubah terlebih dahulu ke dalam bentuk diskrit. Langkah berikutnya adalah proses kalkulasi yang dibagi menjadi 2 bagian:
1. Transformasi gelombang diskrit menjadi array data
2. Untuk masing-masing elemen pada array data, hitung “ketinggian gelombang (frekuensi)

Ketika mengkonversi gelombang suara ke dalam bentuk diskrit gelombang diperlebar dengan cara memperinci berdasarkan waktu, Hal ini dilakukan agar proses algoritma selanjutnya (pencocokan) lebih mudah dilakukan. Namun efek buruknya ialah array of array data yang terbentuk akan lebih banyak. dari tiap elemen array data tersebut dikonverrsi dalam bentuk bilangan biner. data biner tersebut yang nantinya akan dibandingkan dengan tempalte data suara

Algoritma FFT (Fast fourier transform) merupakan salah satu metode untuk transformasi sinyal suara menjadi sinyal frekuensi. Artinya proses perekaman suara disimpan dalam bentuk digital berupa gelombang spektrum suara berbasis frekuensi. Sedangkan algoritma implementasi algoritma divide and conquer terletak pada pembagian objek.

Pada bidang medis, Speech recognition banyak digunakan untuk mencatat resep obat, menganalisa penyakit atau adanya struktur abnormal pada organ bicara, adanya kesulitan bicara yang disebabkan Auditory Processing Disorder (APD), atau Central Auditory Processing Disorder (CAPD). Selain itu tangis bayi yang mengindikasikan adanya abnormalitas dan penyakit sejak dini juga sedang dikembangkan.

Sumber:

http://abraham281288.wordpress(dot)com/2011/11/26/voice-recognition/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">