Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Tugas Optional Android

Atas nama Sang Pencipta Jagad Raya, saya mengerjakan artikel ini dengan jujur.

Artikel ini merupakan tugas opsional UAS mata kuliah Komputasi Biomedis.

Aplikasi Penghitung Komposisi dan Kadar Nutrisi.

Smart Nutrition Counter!

Aplikasi ini akan memberitahukan jumlah nutrisi dan kadar gizi yang dimiliki oleh makanan yang telah difoto menggunakan kamera. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus memfoto terlebih dahulu makanan apa yang akan mereka konsumsi, setelah itu pengguna harus menjalankan aplikasi Smart Nutrition!, pengguna dapat memfoto secara langsung dari aplikasi tersebut atau mengupload foto yang sudah ada sebelumnya, dimana secacra otomatis sistem ini akan menghitung jumlah nutrisi dan gizi dengan cara :

  1. Mengenali dan Menentukan nama sayuran, lauk pauk, atau bentuk atau sifat dari materi di dalam foto.
  2. Aplikasi akan menghitung kadar nutrisi berdasarkan luas yang dimiliki dari objek tersebut, aplikasi sebelumnya sudah memiliki sistem data yang berisi informasi dari berbagai jenis makanan yang telah dikonversikan dalam bentuk kadar massa (gr) berdasarkan satuan pixel. (Ex : buah tomat, 1 pixel = 0,1 kkal)
  3. Setelah aplikasi berhasil menentukan kadar yang dimiliki oleh objek foto tersebut, maka aplikasi akan mengkalkulasikan jumlah kalori yang dimiliki oleh makanan tersebut.

Walaupun aplikasi ini tidak sepenuhnya secara akurat dapat menginformasikan jumlah nutrisi dan kalori yang dimilikinya, tetapi dapat berguna untuk anda dalam menentukan dan menghitung informasi yang anda butuhkan. Terlebih ketika anda sedang menjalankan diet atau menjaga makanan yang tidak boleh anda konsumsi yang tidak direkomendasikan oleh dokter (jika anda mengalami sakit/gangguan tertentu).

Terima kasih, semoga ide ini bermanfaat bagi kemajuan dunia medis dan mampu memberikan sumbangsih kepada negeri Indonesia. Amin..

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">