Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Metode Grafis untuk Mencari Akar persamaan dengan Soegi Method 1

Artikel ini merupakan review dari kuliah Komputasi Biomedis pada tanggal 15 Mei 2012.

Seperti yang telah kita ketahui, terdapat banyak metode dalam pencarian akar dari suatu persamaan antara lain metode numerik, yang terbagi atas metode tertutup dan metode terbuka. Metode numerik ini berupa penghitungan numerik berdasarkan taksiran angka yang diketahui sebelumnya. Namun pada perkuliahan kali ini, dilakukan pencarian akar dari suatu persamaan dengan menggunakan metode grafis. Metode ini merupakan penggambaran grafis dari suatu persamaan, yang kemudian grafik dari persamaan tersebut dicacah kembali untuk menentukan dimana posisi akar (nilai x pada saat y=0)

Pada contoh kali ini saya menggunakan fungsi y=10 sin(0.2x) . Berikut merupakan listing program dengan menggunakan MatLab untuk Soegi Method 1:

Dimana plot grafik yang dihasilkan adalah:

dan hasil pencarian akar yang dari hasil running program ini adalah:

dimana terlihat bahwa dengan pencacahan yang lebih kecil didapatkan nilai akar yang mendekati sebenarnya. Dalam penentuan akar pada metode ini hampir sama dengan metode numerik lainnya, yaitu syarat interval akar adalah pada y(n-1) dan y(n) memiliki beda tanda (positif dan negatif ataupun sebaliknya) yang mengindikasikan posisi saat grafik tersebut memotong sumbu x. Pada program ini, nilai x(n) saat hasil perkalian y(n-1) dan y(n) bernilai negatif saja yang dimunculkan, sehingga nilai akar dapat diketahui dalam grafik.

Terima kasih atas perhatiannya :) bagaimana menurut anda? atau anda memiliki ide improvement untuk program ini? Silahkan comment di bawah ;)


1. Shindu Ramandita

pada : 20 May 2012

"Luar biasa... apakah boleh saya sedikit diajari mengenai proses pemrogramannya.. karena saya masih newbie :) terima kasih..."


2. Amadea

pada : 20 May 2012

"@Shindu:
untuk tutorial awalnya bisa dilihat di e-book yang kmaren ya ;) nanya2 langsung aja :D hhi"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :