Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Overview from Lecture 1: Machine Learning Stanford University

Artikel ini merupakan rangkuman dari video Lecture 1: Machine Learning di Stanford University. Berikut video dari kuliah tersebut:

Lecture by Professor Andrew Ng for Machine Learning (CS 229) in the Stanford Computer Science department. Professor Ng provides an overview of the course in this introductory meeting.

This course provides a broad introduction to machine learning and statistical pattern recognition. Topics include supervised learning, unsupervised learning, learning theory, reinforcement learning and adaptive control. Recent applications of machine learning, such as to robotic control, data mining, autonomous navigation, bioinformatics, speech recognition, and text and web data processing are also discussed.

Disini, pembicara materi adalah mr. Andrew Ng, beliau membawakan materi berupa sebuah metode bagaimana sebuah mesin dapat melakukan pembelajaran terhadap permasalahan yang dihadapi oleh sebuah mesin ketika terjadi sebuah kejadian yang sensitif dimana kecerdasan buatan sangat diperlukan untuk mengatasinya.

Beliau memberi contoh, salah satu bentuk sederhana AI dimana ketika kita menuliskan banyak kata / sedang bercerita dalam sebuah kertas dengan menggunakan gaya penulisan harfiah manusia yang secara natural tidaklah sama antara manusia yang satu dengan yang lain, sehingga ketika tulisan tersebut ingin kita jadikan sebuah format file dalam bentuk karakter pada komputer maka AI akan menjalankan tugasnya dengan baik. Ya, mungkin itu terdengar simpel, tapi apakah kita bisa menggunakan/mempraktekkannya? Belum tentu..

Disini beliau memberikan 2 Software yang bisa digunakan untuk merealisasikan AI, yaitu Matlab dan Octave. Dua software tersebut bisa kita gunakan untuk mengendalikan mesin yang akan diberikan pembelajaran tersebut, dengan fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut, maka 2 program ini dapat membantu kita.
Definisi dari mesin yang dapat melakukan pembelajaran adalah sebuah wadah yang memberikan komputer kemampuan untuk belajar tanpa menggunakan pemrograman yang explisit (Arthur Samuel).

lecture

Pada video tersebut, mr. Andrew menunjukkan beberapa aplikasi yang telah diujikan kepada benda / mesin yang dibekali kemampuan AI, antara lain Big Dog seperti yang pernah kita saksikan pada saat kuliah pertama, kemudian sebuah robot yang berbentuk seperti ular yang mampu berpindah dengan menggunakan perutnya satu persatu, kemudian ada lagi mobil prototipe kecil yang berjalan di medan off-road tanpa menggunakan remote tetapi dia bisa menghindari semua rintangan / benda yang ada di depannya tanpa menabrak / menyentuhnya sedikitpun, dan kemudian sebuah prototipe mobil dimana dia mampu menggerakknya sebagai roda ketika berada di medan yang rata, dan ketika menghadapi medan yang tinggi / perlu naik seperti halnya naik tangga, maka dia mampu menggerakkan rodanya layaknya kaki pada manusia. Kemudian ada lagi sebuah program dimana dia mampu memecah sebuah foto menjadi 2 buah gambar, yang 1 berupa gambar nyata yang diambil warnanya saja, ke 2 yaitu berupa gambar sederhana seperti ketika kita menggambar pada kertas gambar, kemudian mr.Andrew menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat menjelajahi foto yang ada tersebut layaknya kita sedang berada di tempat tersebut (street view). Kemudian yang tidak kalah heboh, sebuah prototipe helikopter yang bisa terbat di udara dengan posisi baling-baling terbalik. Wow.. luar biasa.. Semua ini menggunakan AI yang sedemikian rupa rumitnya sehingga dapat menghasilkan suatu hal yang luar biasa.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :