Amadea K. Nastiti


just an exquisite cat lady around

Robots with Soft Grip

Saat ini sudah bermacam-macam robot yang telah dibuat, juga dengan perkembangan dunia teknologi yang makin maju dimana beragam robot ini memiliki bermacam-macam fungsi. Pada umumnya robot yang terbayang adalah robot yang terbuat dari logam, apakah hanya terbatas pada itu saja? Robot banyak digunakan pada produksi mesin atau pada operasi modern, deaktivasi pada alat peledak atau pada pesawat ruang angkasa yang tidak berawak, robot banyak diperlukan pada berbagai bidang.

 

Pneumatic Soft Robotic Arm

 telur

Uuh lucunyaa.. :3

Aplikasi robot pada benda-benda yang lembut, seperti pada buah atau organ internal, sulit dilakukan pada lengan robot konvensional yang berbahan dasar keras. Hal ini tentu lebih mudah dilakukan dengan komponen robot yang berbahan lembut. Robot berbentuk mirip dengan bintang laut ini diperkenalkan oleh George M. Whitesides dan timnya di Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Robot ini terbuat dari plastik elastis yang disebut elastomer.

Dengan menggunakan pneumatic networks (PneuNets), udara yang dimasukkan pada channel di dalam elastomer melalui tabung tipis, robot ini dapat mengangkat sebuah telur dengan lembut tanpa memecahkannya.  Sebagai aktuatornya, cukup mengisi channel dengan udara hingga mengembang pada bagian yang dibutuhkan.  Desain bentuk seperti bintang laut ini dimaksudkan untuk memberi space pada bagian yang akan mengembang dan ‘menggenggam’ benda. Sehingga ketika diisi dengan udara, maka lengan akan melengkung mengikuti bentuk benda. Karena konsepnya yang sederhana, robot ini tidak memerlukan sensor dengan ketepatan yang kompleks dalam penggunaannya.

 

Bionic Handling Assistant

bionic arm

Mirip sama punya Dr. Octopus nya Spiderman :))

Terinspirasi oleh belalai gajah, Festo, sebuah perusahaan di Inggris membuat bionic arm yang dapat digunakan untuk medis, rehabilitasi dan pertolongan untuk orang cacat, maupun untuk industri, agricultural, dan pendidikan.

belalai

Mari berteman! :D

Aplikasi lengan robot ini digunakan untuk handling, dengan menggunakan empat buah jari. Robot ini diklaim dapat memindahkan obyek sensitif dengan aman, karena menggunakan sistem aktuator berupa tekanan udara, bukan menggunakan motor. Seperti contohnya dapat dilihat dalam video dibawah ini:

Karena pergerakan robot yang diharapkan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga, lengan robot ini dibuat dari polyamide atau nylon, sehingga bobotnya sendiri jauh lebih ringan dari material lain. Aktuator pneumatic atau jari-jarinya juga terbuat dari bahan yang sama.

Namun, kelemahan dari penggunaan tekanan udara antara lain kompleksitas dari sistem katup, pengatur tekanan udara yang dibutuhkan, penggunaan sensor tekanan pada grabber, serta sulitnya robot untuk melakukan gerakan yang presisi.

 

Sumber:

Soft Robotics for Chemists, Filip Ilievski, Aaron D. Mazzeo, Robert F. Shepherd, Xin Chen, George M. Whitesides, Angew. Chem. Int. Ed. 2011. DOI: 10.1002/anie.201006464

botjunkie(dot)com/2010/09/22/festo-bionic-handling-assistant/

news.discovery(dot)com/tech/robotic-arm-inspired-by-elephant-trunk.html


1. Shindu Ramandita

pada : 20 March 2012

"luar biasa... terima kasih informasinya.. sangat bermanfaat. semoga menambah wawasan bagi yang membacanya :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :